#
Logo Pengadilan Agama Pariaman

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Pariaman

Jl. Ki Hajar Dewantara No. 03 Kampung Baru Kota Pariaman, Sumatera Barat, 25514. Telephone:0751-91900, Fax:0751-91405

Email : pa.pariaman@pta-padang.go.id

SIPPPustaka OnlineJDIHSIWAS


CONTOH SURAT GUGATAN DAN PERMOHONAN

SILAHKAN UNDUH CONTOH GUGATAN ATAU PERMOHONAN YANG SESUAI

 
1.    cerai gugat krn perselisihan
2.    cerai talak krn perselisihan
3.    pengesahan nikah diajukan oleh suami dan isteri
4.    cerai gugat telah berpisah 2 tahun
5.    cerai talak telah pisah 2 tahun
6.    cerai gugat alamat tergugat tidak diketahui
7.    cerai talak alamat termohon tidak diketahui
8.    cerai gugat melanggar taklik talak (khuli')
9 cerai gugat tergugat dihukum 5 th atau lebih
10 permohonan penetapan ahli waris

11. Permohonan Wali Adhal (wali yang enggan menikahkan)

 
 
Prosedur Pendaftaran Online :
  1. Penggugat/Pemohon membuat sendiri surat gugatan/permohonan sesuai dengan contoh blanko gugatan/permohonan di http://pa-pariaman.go.id/administrator/index.php?option=com_content&view=article&layout=edit&id=81  atau dapat dibuat secara elektronik di http://daftar.pa-pariaman.go.id/index.php?modul=bantuanpembuatangugatan (semua kolom dalam blanko tersebut wajib diisi walaupun dengan strip “-“);
  2. Penggugat/Pemohon mengirimkan konsep gugatan/permohonan yang telah dibuat tersebut ke Pengadilan Agama Pariaman melalui http://daftar.pa-pariaman.go.id/index.php?modul=daftar form pendaftaran perkara telah tersedia disertai lampirannya dengan ketentuan sbb : Lampiran Wajib bagi semua perkara perceraian : 1. foto copy Buku Nikah yang dileges (seperti contoh dibawah), 2. foto copy KTP Penggugat/Pemohon.  Lampiran khusus : 1. Surat Kuasa bagi perkara yang dikuasakan. 2. Surat Izin Atasan bagi PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMND, 3. Surat keterangan ranji bagi perkara waris, (semua lampiran dikirim dalam bentuk .pdf dan di kompres .zip/.rar);
  3. Petugas Meja I (admin) akan mengoreksi konsep surat gugatan/permohonan yang telah dikirimkan tersebut, hasil koreksi kami konfirmasi via email anda;
  4. Jika konsep surat gugatan/permohonan dianggap belum memenuhi syarat formil dan materiil sebagaimana ditentukan dalam hukum acara perdata, maka petugas Meja I (admin) akan memberikan penjelasan seperlunya melalui email anda dari email resmi kami Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.;
  5. Apabila konsep surat gugatan/permohonan yang dikirim dipandang telah memenuhi syarat formil dan materiil, maka Penggugat/Pemohon dapat menghitung sendiri panjar biaya perkara melalui aplikasi berikut http://panjar.pa-pariaman.go.id/ jika kesulitan dalam menghitung sendiri panjar biaya perkara maka petugas Meja I (kasir) akan memberitahukan jumlah panjar biaya perkara yang harus dibayar oleh Penggugat/Pemohon sesuai radius melalui email anda atau via sms ke ponsel anda;
  6. Penggugat/Pemohon membayar panjar biaya perkara melalui Bank/ATM/internet banking/SMS banking  ke BRI Cabang Pariaman No. Rek. 0321-01000451-30.8 a.n. RPL.010.PA-Prm Untuk Pdt biaya perkara dengan mencantumkan nama dan alamat Penggugat/Pemohon secara lengkap;
  7. Penggugat/Pemohon mengirimkan surat gugatan/permohonan yang telah ditanda tanganinya sebanyak 7 rangkap beserta semua lampiran sebagaimana point 2 ditambah bukti/slip pembayaran/transfer dari bank tersebut selanjutnya dikirim melalui POS yang tercatat atau melalui titipan kilat (TIKI) yang ditujukan kepada Pengadilan Agama Pariaman, Jln. Syekh Burhanuddin No. 106 Karan Aur Kota Pariaman;
  8. Surat gugatan/permohonan jika dibuat oleh pengacara/kuasa hukum, maka surat kuasa khusus atau insidentil harus dilampirkan beserta foto copy kartu tanda anggota advokat;
  9. Surat gugatan/permohonan beserta lampiran yang telah diterima oleh pengadilan Agama Pariaman,  akan   diteliti dan jika telah lengkap, maka surat gugatan/permohonan akan diberi nomor perkara sebagai tanda bahwa perkara telah terdaftar di kepaniteraan Pengadilan Agama Pariamandan akan diterbitkan SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar) yang ditanda tangani oleh KASIR dan dicap lunas;
  10. Pendaftaran perkara secara online telah selesai, dan pemberitahuan bahwa perkara telah terdaftar dalam register induk perkara akan diberitahukan saat itu juga kepada Penggugat/Pemohon melalui email atau dapat dilihat pada menu data pendaftaran http://daftar.pa-pariaman.go.id/index.php?modul=terdaftar  dan Penggugat/Pemohon dipersilahkan menunggu surat panggilan dari Jurusita untuk pelaksanaan persidangan;
  11. Sebagai tambahan, Pengadilan Agama Pariaman akan mengirim pesan singkat (SMS) tentang jadwal sidang, tanggal putus, info tentang salinan putusan atau akta cerai, serta keuangan perkara. Hal ini dapat terjadi jika Penggugat/Pemohon telah meregistrasi info perkara.
  12. Tata cara registrasi dapat ditanyakan ke Petugas Meja I setelah perkara terdaftar, melalui email, chatting atau tlp. 075191900.

 

Catatan :

  1. Surat gugatan/permohonan yang telah dikirim tidak bisa dirubah, kecuali dalam sidang;
  2. Pendaftaran perkara online dilayani pada jam kerja yaitu Senin s/d Jumat, jam 09.00 s/d 14.00 wib.
  3. Komponen taksiran biaya perkara adalah :

    1.   Biaya Pendaftaran (PNBP) : Sesuai dengan tarif PNBP (PP No. 53 Tahun 2008) Rp. 30.000,-

    2.   Biaya Administrasi/Proses (ATK) ditetapkan sebesar Rp 50.000,-

    3.   Biaya Panggilan Penggugat atau Pemohon : Dihitung berdasarkan berapa kali para pihak dipanggil dikalikan besarnya biaya panggilan sesuai radius. (lihat radius di http://panjar.pa-pariaman.go.id/radius) CG = 2 X Radius, CT = 3 X Radius

    4.   Biaya Panggilan Tergugat atau Termohon : Dihitung berdasarkan berapa kali dipanggil dikalikan besarnya biaya panggilan sesuai radius. CG = 3 X Radius, CT = 4 X Radius

    5.   Uang meja/leges (PNBP) Rp. 3.000,-

    6.   Penyerahan surat dari berkas (PNBP) Rp. 5.000,-

    7.    Biaya Redaksi (PNBP) ditetapkan sebesar Rp 5.000,-

    8.   Biaya Meterai Rp 6.000,- dikali kebutuhan meterai

    Biaya Sita (jika ada permintaan) : Berdasarkan Lokasi dan keamanan

 

Contoh leges buku nikah

 

 

 

Informasi dan data pada WebSite ini dipublikasikan oleh Pengadilan Agama Pariaman dengan tujuan penyediaan Informasi Publik. Dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Ada kemungkinan bahwa informasi yang tersedia dalam database ini mungkin berisi referensi atau informasi yang belum terupdate sehingga tidak ada jaminan bahwa data dan informasi valid

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas